Wed. Dec 7th, 2022

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia

Banyak negara waktu ini fokus terhadap pengembangan kekuatan terbarukan, keliru satunya Indonesia. Munculnya masalah lingkungan dikarenakan emisi beracun dan pergantian iklim jadi perhatian utama dunia waktu ini.

Alternatif kekuatan yang dicari bersama mencukupi kriteria ramah lingkungan, keliru satunya dari matahari atau tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya selanjutnya diklaim ramah lingkungan serta aman untuk pencegahan pemanasan global.

Mengutip dari Koran Sindo, Selasa(11/8/2020). Berikut 10 pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia.

1. Tengger Desert Solar Park Baterai solar cell

Tenaga surya 1547MW yang berada di Zhongwei, Ningxia China ini merupakan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Tenaga surya selanjutnya dimiliki oleh Pemerintah China dan rampung dibangun terhadap 2017 silam. Pembangkit surya ini termasuk dikenal sebagai “Tembok Besar Tenaga Surya” (Great Wall of Solar). Berlokasi di Gurun Tengger, gurun gersang seluas 36.700 km menjadikan lokasi ini benar-benar sesuai dijadikan sumber tenaga surya terbaik.

Baca Juga: India Agresif Pengembangan EBT, Kalau Indonesia?

2. Kurnool Ultra Mega Solar Park

Pembangkit listrik tenaga surya Ultra Mega Kurnool menduduki lahan seluas 5.932 hektare. Beroperasinya pembangkit listrik ini lumayan untuk mencukupi kebutuhan listrik hampir semua lokasi listrik Kurnool. Pemilik pembangkit ini yaitu Andhra Pradesh merencanakan menambah kapasitas kekuatan pembangkit surya ini jadi 2.750 megawatt. Pembangkit ini rampung dibangun terhadap tahun 2017.

3. Longyangxia Dam Solar Park

Berlokasi di atas dataran tinggi Tibet di China. Taman Solar Dam Longyangxoa memiliki luas hampir sebesar lokasi Macau pembangkit listrik tenaga surya ini terintegrasi bersama pembangkit listrik tenaga air dari bendungan Longyangxia, yang memakai perairan Sungai Kuning China. Pembangkit selanjutnya diketahui punya Huanghe Hydropower Development, yang selesai dibangun terhadap tahun 2015. Dengan besaran tenaga surya sebesar 850 megawatt.

Baca Juga: Pemerintah Hibahkan Anggaran Bangun PLTS ke Pemda

4. Villanueva PV Plant

Villanueva PV Plant adalah pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di Meksiko yang tengah dilaksanakan oleh perusahaan Enel Green Power Mexico. Villanueva telah terdiri dari 2,5 juta panel surya bersama output energy proyek yang dihasilkan sebesar 327 megawatt bersama fase ke-2 pengembangan pembangkit tenaga surya Villanueva 3 sehingga keseluruhan kekuatan yang dihasilkan menggapai 828 megawatt. Enel Green Power menginvestasikan lebih dari USD65 juta untuk membangun Villanueva dan mampu mengurangi emisi karbon dioksida sebanyak 780.000 ton. Selesai dibangun terhadap tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *